Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif SMK

Arina Masfuk Zaidi (Unknown)
Iskandar Wiryokusumo (Unknown)
Hari Karyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Penelitian pengembangan dengan teknis research and development ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis proyek untuk SMK mengadopsi model alur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) oleh Branch. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner atau angket, yang selanjutnya dianalisis validasi kelayakan produk oleh ahli media dan ahli materi. Hasil angket dianalisis dengan menghitung persentase masing-masing pertanyaan yang diberikan kepada peserta didik. Sedangkan data kualitatif hasil saran dan masukan dari validator yang menjadi data tidak terstruktur diseleksi sesuai dengan kebutuhan. Menurut ahli materi dan ahli media menyatakan media pembelajaran sangat valid dan layak untuk diaplikasikan sedangkan ahli pembelajaran yakni guru bidang studi desain multimedia produk pengembangan sesuai dengan isi, bahasa dan kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian menurut peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto sebagai pengguna, produk pengembangan sangat memudahkan peserta didik dalam memahami tentang konsep, desain dan perancangan alur multimedia interaktif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengisian angket tentang respon peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto terhadap pengembangan multimedia interaktif sebesar 88,1%. Adapun saran yang diajukan meliputi saran untuk keperluan pemanfaatan produk, desiminasi produk, dan keperluan pengembangan lebih lanjut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...