Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING TYPE OPEN ENDED PROBLEMS

Ika Ika Wirahmad (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Wirahmad.71@gmail.com ABSTRAK Model pembelajaran yang diterapkan oleh Dosen untuk menigkatkan hasil belajar Mahasiswa harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan Model pembelajaran Questioning Open Ended Problems pada Mahasiswa STKIP Bima pada materi Instruksi Basic Elementer tahun Akademik 2017/2018, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan Model pembelajaran Questioning Open Ended Problems. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kemmis & mc.Tagart. Subyek dari penelitian ini adalah Mahasiswa kelas A Semester II Program studi pendidikan Matematika STKIP Bima Tahun Akademik 2017-2018 yang terdiri dari 26 Mahasiswa.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes dan observasi. Indikator keberhasilannya adalah aktivistas Dosen dan Mahasiswa yang minimal berkategori Baik dan Aktif, ketuntasan klasikal ≥ 85 % Mahasiswa mandapat nilai ≥ 65 pada saat evaluasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari sebelum dan sesudah menerapkan Model pembelajaran Questioning Open Ended Problems. Peningkatan persiklus didapat dari skor rata – rata Mahasiswa persiklus 63,88 dengan ketuntasan 65,36% meningkat menjadi 71,81 dengan ketuntasan 88,46%. Hasil ini telah memenuhi kriteria ketuntasan sesuai dengan indikator kerja. sehingga Model pembelajaran Questioning Open Ended Problems dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa kelas A Semester II Program studi pendidikan Matematika STKIP Bima Tahun Akademik 2017-2018 materi Instruksi Basic Elementer dengan karakteristik pada mata kuliah Bahasa Pemrograman.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos : Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi yang diterbit oleh kampus STKIP Bima, menerima dan menerbitkan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan pada scope kependidikan. Pedagogos : Jurnal Pendidikan terdaftar pada LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terbit secara ofline/ ...