Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 3: Desember (2021)

Efektifitas Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran PAI di SMA N 1 Pundong Bantul

Alfi Khoiriyah (Universitas Ahmad Dahlan)
Unik Hanifah Salsabila (Universitas Ahmad Dahlan)
Elisa Putri Kholifah (Universitas Ahmad Dahlan)
Fauziyah Indriyani (Universitas Ahmad Dahlan)
Fitri Maulan (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Pelajaran Pendidikan Agama Islam banyak memerlukan pembelajaran keterampilan atau praktik yang nantinya mampu menunjang kemampuan peserta didik dalam mengimplementasikan pada kehidupan. Akan tetapi kondisi saat ini dengan adanya pandemic yang tak berkesudahan membuat guru harus tetap aktif mencari informasi media dan platform apa yang sekiranya tetap mampu menunjang proses pembelajaran peserta didik. Karena pembelajaran yang tadinya mampu dilakukan dengan tatap muka kini harus beralih melalui pembelajaran dalam jaringan, yang tentunya perlu pembiasaan-pembiasaan baru dalam lingkup pembelajaran di sekolah. Salah satu platform yang banyak menunjang pembelajaran peserta didik adalah Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif google classroom dalam membantu guru dalam proses pembelajaran di siswa SMAN 1 Pundong, Selain itu mengetahui seberapa pengaruh pembelajaran pada saat menggunakan google classroom yang mana perlu pemahaman dalam penggunaan dan apakah ada perbedaan dengan adanya pembelajaran melalui google classroom dari sisi peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran utamanya di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang mana fokus pada penelitian kondisi peserta didik dengan penggunaan google classroom dalam pembelajaran bentuk dari penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan, Teknik wawancara, kuesioner, serta dokumentasi.  Efektifitas Pemakaian Google Classroom dalam Pendidikan PAI di SMA N 1 Pundong dari informasi wawancara yang periset peroleh, minimnya pengetahuan teknologi jadi salah satu hambatan guru buat mengawali mengenakan media pendidikan yang yang lain pada dikala pembelajaraan daring dikala ini. Permasalahan ataupun probelmatika yang mencuat dari partisipan didik dalam pembelajaran daring memanglah telah dapat diprediksi tadinya. Perihal ini terjalin sebab dengan pendidikan secara daring ataupun online banyak aspek yang butuh di perhatikan buat menunjang aktivitas belajar secara online supaya dapat berjalan secara mudah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...