Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Piyungan

Hermawati, Friska Tiya (Unknown)
Rosada, Ulfa Danni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Latar belakang Minimnya pengetahuan siswa tentang interaksi social, masih terdapat siswa kelas di kelas VIII SMP Negeri 2 Piyungan yang memiliki kemampuan interaksi social kurang atau rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan ciri-ciri seperti kurangnya interaksi antar siswa dengan siswa, diswa dengan guru, kurangnya komunikasi dan tidak ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan: 1). Untuk mengetahui pengembangan media puzzle untuk meningkatkan interaksi social pada siswa kelas VIII di SMMP Negeri 2 Piyungan 2). Untuk mengetahui kelayakan setelah dilakukan penilaian hasil uji validitas ahli media, ahli materi, dan ahli layanan terhadap media puzzle untuk meningkatkan interaksi social pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Piyungan Metode Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam penelitian ini, yang digunakan hanya tahap pertama sampai kelima yaitu : 1). Potensi dan masalah. 2). Pengumpulan data. 3). Desain produk. 4). Validitas desain. 5). Revisi desain. Pengumpulan data yang dilakukan melalui data hasil wawancara dengan Guru Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian ini diukur menggunakan lembar uji validasi yang dilakukan oleh ahli uji validasi layanan, ahli uji validasi materi dan ahli uji validasi media dengan hasil: a) uji ahli materi memperoleh nilai 82,5 dengan kategori sangat baik, b) uji ahli media memperoleh nilai 90 dengan kategori sangat baik, c) uji ahli validasi layanan BK memperoleh nilai 84,4 dengan kategori sangat baik. Diharapkan dengan adanya pembaruan media pada layanan Bimbingan dan Konseling dapat menunjang para guru BK untuk pemahaman pentingnya berinteraksi social.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...