Journal Psikogenesis
Vol 6, No 2 (2018): Desember

Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa

Dwi Hurriyati (Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang Jl. A. Yani No. 12 Palembang)
Desy Arisandy (Fakultas Psikologi, Universitas Bina Darma Palembang Jl. A. Yani No. 12 Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang. Hipotesa  dalam penelitian  adalah terdapat pengaruh penggunaan media belajar quipper school terhadap minat belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMAN 15 Palembang sebanyak 90 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive dimana peneliti hanya mengambil siswa yang memiliki skor matematika 65-70 pada ulangan hariam Matematika. Penelitian ini menggunakan teknik uji beda 2 kelompok independent untuk melakukan uji hipotesis. Hasil analisis data penelitian pada kelompok 1 menunjukkan ada perubahan minat yang signifikan setelah diberlakukan metode belajar Quipper School di SMAN 15 Palembang (t= -8.669, p 0.05). Hasil uji beda juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Matematika siswa antara sebelum dan setelah mengikuti metode belajar Quipper School (t = -13.803, p 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media belajar Quipper School yang signifikan terhadap minat belajar matematika pada siswa SMAN 15 Palembang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Jurnal-Online-Psikogenesis

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikogenesis is a semiannualy publication produced by Fakultas Psikologi Universitas YARSI since 2012 (e-ISSN: 2597-7547, p-ISSN: 2303-3177). The journal reflects the wide application of all aspects of psychology related to health. It also addresses the social contexts in which psychological ...