Kappa Journal
Vol 4 No 2 (2020): Desember

Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Optik Saat Proses Pembelajaran Dengan CCM-CCA Berbantuan Eksperimen Virtual

Muh Makhrus (Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram)
Syahrial Ayub (Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram)
Wahyudi Wahyudi (Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram)
NNSP Verawati (Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram)
Ahmad Busyairi (Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada saat proses pembelajaran dengan CCM-CCA berbantuan virtual experiment. Materi yang dijadikan penelitian adalah Optik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di NTB. Kemampuan berpikir kritis pada saat proses pembelajaran dilatih dengan lembar kerja mahasiswa (LKM) yang dilengkapi instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari kategori rendah dengan skor rata-rata 38 menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 75. Fakta ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan CCM-CCA berbantuan virtual experiment mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi Optik. DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2632

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...