Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar sangat mudah dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari karena mencakup tentang lingkungan masyarakat sekitar. Di dalam pembelajaran IPA siswa dituntut aktif untuk memunculkan sebuah keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Melalui pembelajaran inkuiri terbimbing siswa akan mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep karena siswa mampu mengontruksi pengalaman belajarnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru dalam penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif dengan menggunakan desain survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SD yang berasal dari 10 sekolah dasar yang berada di Kecamatan Sliyeg. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 59 guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perspektif guru dalam penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep secara signifikan. Dengan adanya temuan ini akan adanya keterlibatan terhadap kulaitas peserta didik terutama dalam keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa.
Copyrights © 2020