cover
Contact Name
Prana Dwija Iswara
Contact Email
jpenailmiah@gmail.com
Phone
+628882346669
Journal Mail Official
jpenailmiah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayor Abdurahman No.211, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45322
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JPI
ISSN : -     EISSN : 25409174     DOI : https://doi.org/10.17509/jpi
Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media pembelajaran. Jurnal Pena Ilmiah dikelola oleh Program Studi PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 616 Documents
PRESTASI SENI TARI SDN TANJUNGSARI I KECAMATAN TANJUNGSARI (Penelitian Studi Kasus di SDN Tanjungsari I Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang) Fatimah, Fatmah Hafsari; Julia, Julia; Sunaengsih, Cucun
Jurnal Pena Ilmiah Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpi.v2i1.10023

Abstract

The researchers choose SDN Tanjungsari I due to results of a survey of Sumedang District Education Office stating that SDN Tanjungsari I as a school with a good performance in the field of dance. This study uses qualitative research with case study design that aims to know more about the art of dance achievement in SDN Tanjungsari I. In a case study, the researcher is the main instrument. While data collection techniques in this study were interviews, observation, documentation and recording. Research results revealed that: (1) the achievement of dance SDN Tanjungsari I spelled out very much because every year is sure to be a champion in the activities FLS2N (National Student Competition Festival); (2) The main factors supporting the achievement of dance SDN acquisition Tanjungsari I which student talent, presence and expertise studio dance coach, parent support, and motivation; and (3) the process of learning to dance in SDN Tanjungsari I carried out systematically and conducive.
PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JENDELA BENCANA DENGAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SD PADA MATERI PERISTIWA ALAM Fuadah, Jannatul; Panjaitan, Regina Lichteria; Irawati, Riana
Jurnal Pena Ilmiah Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23819/pi.v1i1.2990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media jendela bencana dan pengaruh media gambar peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media jendela bencana lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan media gambar peristiwa alam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel pada penelitian ini adalah SDN Balongan IV sebagai kelas eksperimen dan SDN Balongan III sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar siswa, observasi kinerja guru dan kinerja siswa, serta angket respon siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa media jendela bencana dan media gambar peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil uji perbedaan rata-rata nilai gain, pembelajaran menggunakan media jendela bencana lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran menggunakan media gambar peristiwa alam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI KEGIATAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM M, Mukhaloroh; Sudin, Ali; Hanifah, Nurdinah
Jurnal Pena Ilmiah Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpi.v2i1.12435

Abstract

Based on preliminary data obtained in the fourth grade of SDN 3 Ender, student learning outcomes on the subject of natural resources utilization activities have some problems related to the teaching and learning process that affect the outcomes achieved by the students when evaluating the result of the less satisfactory / not yet reached the KKM. Because of the less satisfactory value of students due to lack of understanding of students on the material being taught. Efforts to improve the problem is by applying cooperative learning model with Snake Stage media. The problem was corrected through Classroom Action Research (PTK) with design of Kemmis and Taggart model research design. Instruments used include guidelines for student and teacher interviews, teacher performance observation guidelines on planning and implementation, student activities, student learning outcomes, and field notes. This study was completed in III cycles. Thus, it is hoped that Cooperative learning model with Snake Stage media can improve student learning result of class IV, in material of natural resources utilization activity.
PENERAPAN METODE VAKS (VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC, SUGESTOPEDIA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA Cahyani, Novianti Ayu; Djuanda, Dadan; Sudin, Ali
Jurnal Pena Ilmiah Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpi.v2i1.10470

Abstract

PENERAPAN METODE TARI BAMBU DENGAN TEKNIK PERMAINAN EKSPRESI WAJAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI Meliawati, Dede Widi; Djuanda, Dadan; Kurnia, Dadang
Jurnal Pena Ilmiah Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23819/pi.v1i1.3036

Abstract

Observasi pada siswa kelas V SDN Tegalkalong II Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang terdapat hasil belajar siswa yang rendah yaitu hanya 8% siswa yang nilainya sudah tuntas dari total jumlah siswa 24. Penyebabnya kinerja guru yang belum maksimal dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa harus ditingkatkan. Penerapan metode tari bambu dengan teknik permainan ekspresi wajah dipilih sebagai cara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kesimpulan penulisan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode tari bambu dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi. Tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus meningkatkan tes hasil belajar siswa, terbukti 92% siswa sudah tuntas dari target yang ditetapkan yaitu 85%. Kinerja guru mencapai target yaitu 100%, dan aktivitas siswa sudah memenuhi target yaitu 87,5% dari target yang ditetapkan 85%. Maka penerapan metode tari bambu dengan teknik permainan ekspresi wajah dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa pada materi puisi. Kata Kunci : Tari Bambu, Permainan Ekspresi Wajah,  Membaca Puisi.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN Surtriyanti, Euis; Panjaitan, Regina Lichteria; Sudin, Ali
Jurnal Pena Ilmiah Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpi.v2i1.10668

Abstract

Critical thinking will appear in students during the learning exercises, the teacher is able to build patterns of interaction and student communication actively. One of the best learning methods used to improve students' thinking skills is the Pictorial Riddle method. The sample of this research is the fourth grade students of SDN Ranjiwetan I, SDN Ranjiwetan IV, and SDN Ranjiwetan V which are all three as experimental class. The instruments used in this study are test and non test. As the results of research with significance level = 0.05 indicates the method of learning. Riddle can improve high, medium, and low thinking skills. However, there is no average difference between mindset in high, medium, and low group. Students' responses in learning using the Pictorial Riddle method by teachers are very high.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Apriani, Dini; Sujana, Atep; Kurnia, Dadang
Jurnal Pena Ilmiah Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23819/pi.v1i1.3570

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Palasari kecamatan Sumedang Selatan kabupaten Sumedang. Model yang digunakan adalah model pembelajaran learning cycle. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus. Pada observasi data awal hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda masih rendah. Hanya ada 14,3% siswa mencapai ketuntasan. Hasil yang diperoleh dari presentase penilaian kinerja guru tahap perencanaan dari siklus I 83,3%, siklus II 93,3%, dan siklus III 96,6%. Penilaian kinerja guru tahap pelaksanaan dari siklus I 85,9%, siklus II 89,5%, siklus III  98%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 51,9%, siklus II 75,8%, dan siklus III 86%. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 39,3%, siklus II 64,3%, dan siklus III menjadi 89,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda di kelas V SDN Palasari. Kata kunci: model pembelajaran learning cycle, perubahan sifat benda, hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES DAUR AIR Sumiyati, Yeti; Sujana, Atep; Djuanda, Dadan
Jurnal Pena Ilmiah Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23819/pi.v1i1.2930

Abstract

Penelitian ini menerapakan model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SDN Panyingkiran II pada materi proses daur air yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa sebagai akibat dari pembelajaran yang berpusat pada guru.  Learning cycle 7E, merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa, siswa belajar secara aktif mengkontruksi pengetahuannya. Metode yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas berbentuk spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumennya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes. Kinerja guru pada perencanaan siklus I 86%, siklus II 100%, dan siklus III 100%. Kinerja guru pada pelaksanaan siklus I 77%, siklus II 87%, dan siklus III 100%. Aktivitas siswa pada siklus I 62%, siklus II 86%, dan siklus III 92%. Hasil belajar siswa pada siklus I 43,83%, siklus II 69,56%, siklus III 90,91%. Target hasil belajar siswa pada penelitian ini 87%. Dengan demikian model learning cycle 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: model learning cycle 7E, hasil belajar, proses daur air.
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS Nurlela, Eneng Siti Fatimah; Sujana, Atep; Isrok’atun, Isrok’atun
Jurnal Pena Ilmiah Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23819/pi.v1i1.2979

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada siswa kelas IV B, SDN Panyingkiran II diperoleh suatu permasalahan, yaitu siswa hanya menerima pengetahuan dari guru saja, sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan pendekatan CTL. Pendekatan CTL menekankan siswa aktif, kerjasama dalam kelompok, menggunakan berbagai sumber belajar, dan bermuara pada konteks kehidupan siswa. Metode yang digunakan adalah PTK yang menggunakan desain spiral Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada setiap siklusnya mengalami perbaikan yakni, kriteria yang belum terlaksanakan, maka diperbaiki hingga mencapai target yang telah ditentukan yaitu pada siklus III. Kinerja guru berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan dengan penedekatan CTL mengalami peningkatan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA Nurhidayah, Rina Suryati; Kurnia, Dadang; Sudin, Ali
Jurnal Pena Ilmiah Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Pena Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpi.v2i1.12421

Abstract

This research is doing based on lower study result at the material etnic and culture variation, class IV-A SDN Sindang II Sumedang. It is caused by the teacher performance at the implementation only use conventional method and no use media, that have the impact to learning result and student activity the class. The action is done based on effort that overcome set of problem by apply a cooperative learning type make a match. The aim of this research is to describe how to plan, apply, student activity and upgrading study result. This research is doing 3 cycle. The student study result that complete at the cycle 1 as much as 35%, cycle 2 65%, and cycle 3 85%. The target is determined as much as 85% with the result that could be said that application model cooperative type make a match could increase the result learning of student.

Page 1 of 62 | Total Record : 616