Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki siswa pada pembelajaran matematika materi persegi dan persegi panjang di kelas V Sekolah Dasar. Kemampuan awal ini difokuskan pada kemampuan siswa dalam menghitung luas dan keliling dari persegi dan persegi panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengambilan data dilakukan dengan hasil tes kemampuan awal. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir setengah dari siswa kelas V di SDN Pelandakan 2 memiliki kemampuan awal pada materi persegi dan sebagian besar dari siswa kelas V di SDN Pelandakan 2 memiliki kemampuan awal pada materi persegi panjang. Adapun kesalahan saat siswa mengerjakan soal yaitu disebabkan karena kesalahan konsep, kesalahan perhitungan, dan kesalahan prosedur. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020