Penelitian yang dilakukan didasari oleh ketertarikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan penguasaan konsep siswa serta model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning ini merupakan pembelajaran yang diawali dengan sebuah masalah menyuguhkan adanya permasalahan nyata, sebagai konteks untuk paraksiswa belajar berpikir kritis dan keterampilanomemecahkanumasalah, dan memperolehepengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran air. Metode yang digunakan pada metode ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cicalengka 10. Penelitian ini menggunakan instrumen soal dan pedoman wawancara. Instrumen tes terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes penguasaan konsep, serta non tes terdiri dari wawancara guru dan wawancara siswa. Adapun simpulan yang diperoleh dari penelitian ini, model Problem Based Learning dalam pembelajaran dengan materi pencemaran air dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa.
Copyrights © 2020