IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang peristiwa alam yang terjadi secara sistematis yang ditemukan serta dikembangkan oleh para ahli melalui kumpulan data yang berisi fakta, hasil observasi, dan eksperimen. Kesesuaian materi dengan gaya mengajar guru sangat penting, khususnya dalam materi IPA. Keputusan guru dalam memilih gaya mengajar harus lebih inovatif agar siswa bersikap responsif, percaya diri, serta mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru materi IPA kelas V serta dampaknya bagi siswa di SD Negeri Sumberjaya 05. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan angket dalam bentuk google form. Hasil dari penelitian ini adalah guru menggunakan gaya mengajar klasik yang dipadukan dengan gaya mengajar personalisasi, dengan gaya mengajar ini materi IPA dirasa sulit untuk diikuti dan dipahami siswa. Terlebih sebagian guru menyampaikan materi dengan metode klasik tanpa alat peraga serta banyaknya penggunaan istilah asing yang terdapat pada materi, hal ini semakin membuat siswa kesulitan untuk memahami dan menghafal materi IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020