Kemampuan literasi salah satunya kemampuan membaca. Kemampuan membaca tidak terlepas dari bahan teks bacaan. Masalah yang ditemukan dalam teks sekolah dasar termasuk kategori level tinggi. Hal itu menjadi titik tolak dalam penelitian analisis keterbacaan ini. penelitian ini mendeskripsikan hasil grafik fry dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan instrumen berupa dokumen teks dan dokumentasi sebagai teknik penelitiannya. Keterbacaan teks tema 6 tingkat kesesuaian teks 4 % tergolong level 11, tema 7 tingkat kesesuaian teks 13,04 % tergolong level 9, tema 8 tingkat kesesuaian teks 5,2 % tergolong level 10, tema 9 tingkat kesesuaian teks 12,9 % tergolong level 8, untuk keseluruhan teks pada buku tematik siswa semester II kelas VI edisi revisi 2018 tingkat kesesuaian teks 9,09 % dan tergolong level 9. Sehingga harus ada pemilihan bahan bacaan untuk kelas 6.
Copyrights © 2020