Koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus dilatihkan pada setiap jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar. Semakin banyak siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis, maka pembelajaran akan bermakna dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 2 Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes kemampuan koneksi matematis dan instrumen non tes yaitu wawancara. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa kemampuan koneksi matematis yang dimiliki siswa pada materi bangun datar masih terbilang rendah. Mengingat pentingnya koneksi matematis dan fakta mengenai kemampuan koneksi matematis siswa, diharapkan guru mampu merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis.
Copyrights © 2020