Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa di SD Negeri 1 Bunder  dalam pembelajaran IPA. Untuk mengetahui korelasi minat dan hasil belajar IPA, peneliti menggunakan metode deskriptif. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) minat belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Bunder Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon; 2) hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 1 Bunder Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon; dan 3) ada tidaknya korelasi antara minat belajar dan hasil pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Bunder Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Subjek penelitian berjumlah 50 siswa kelas V SDN 1 Bunder Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan yaitu angket dan studi dokumentasi.  Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data angket, analisis data hasil pembelajaran, dan uji statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar tergolong tinggi dan hasil pembelajaran telah melampaui KKM sebanyak 48 siswa (96%). Selain itu, rata-rata hasil sebesar 77,4. Dengan demikian, ada hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar. Bentuk hubungan antara dua variabel berdasarkan data termasuk hubungan positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020