Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh dalam kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Metode yang dipakai pada peneltian ini adalah survey dengan analisis korelasional dan berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar serta seberapa besar hubungannya. Penelitian ini mengambil populasi di SDN Balimaster 01 di Kota Jakarta dan 27 sample di kelas IV-B. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu angket 30 item pernyataan dan wawancara 11 item untuk guru dan 10 item untuk siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor penghambat kemandirian belajar adalah siswa merasa kesulitan dan kurang memahami bagaimana cara menggunakan rumus matematika, terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 23% dipengaruhi faktor kemandirian dan 77% dipengaruhi faktor yang lain, upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yang memberikan metode pembelajaran yang efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020