JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Analisis Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Fuspitasari, Yhesi Yuwana (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)
Nugraha, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh dalam kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Metode yang dipakai pada peneltian ini adalah survey dengan analisis korelasional dan berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar serta seberapa besar hubungannya. Penelitian ini mengambil populasi di SDN Balimaster 01 di Kota Jakarta dan 27 sample di kelas IV-B. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu angket 30 item pernyataan dan wawancara 11 item untuk guru dan 10 item untuk siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor penghambat kemandirian belajar adalah siswa merasa kesulitan dan kurang memahami bagaimana cara menggunakan rumus matematika, terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 23% dipengaruhi faktor kemandirian dan 77% dipengaruhi faktor yang lain, upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yang memberikan metode pembelajaran yang efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...