Journal of Japanese Language Education and Linguistics
Vol 4, No 2 (2020): Agustus

Efektivitas Peer Reading terhadap Kemampuan Pemahaman Dokkai Bahasa Jepang

Sukmara, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode peer reading terhadap kemampuan pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Metode peer reading termasuk dalam metode Peer Learning yaitu pembelajaran yang dilakukan bersama rekan sebaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sample penelitian mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA . Berdasarkan tabel paired sample test dengan menggunakan SPSS didapat nilai sig 0,000 di bawah dari taraf signifikansi 0,005 maka perbedaan antara nilai pre test dan post test antara sebelum dan sesudah penerapan metode Peer reading terhadap hasil kemampuan pemahaman wacana Bahasa Jepang (Dokkai) signifikan. Berdasarkan hasil uji gain nilai pre test dan post test, nilai pre test sebelum diberikan treatment adalah 0,41 maka rata rata nilai dokkai mahasiswa naik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Peer reading efektif terhadap pemahaman dokkai pada mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jjlel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Japanese Language Education and Linguistics (JJEL) is an online journal, open access peer review journal, published twice a year every February and August. This journal is for all contributors who are concerned with research related to the study of Japanese language education and Japanese ...