JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 2 No 1 (2020): January Edition

Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020

Makhmuri Makhmuri (STKIP Nurul Huda Sukaraja)
Nesi Anti Andini (STKIP Nurul Huda Sukaraja)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Motivasi adalah kekuatan baik dari dalam maupun dari luar yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Motivasi merupakan faktor pendorong suksesnya pembelajaran dengan baik, karena tanpa adanya motivasi belajar yang tinggi, proses pembelajaran akan terhambat sehingga siswa tidak akan serius dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa akan menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 305 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar (X) dengan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian Persentase motivasi belajar siswa yang paling tinggi adalah adanya hasrat dan cita-cita masa depan dan adanya penghargaan dalam belajar sebesar 20%. Kategori Motivasi Belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal masuk dalam kategori sedang sebesar 52,7% sebanyak 29 siswa. Persentase hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal rata-rata dengan nilai 70 sebesar 32,7% sebanyak 18 siswa. Kategori hasil belajar siswa masuk dalam kategori sedang sebesar 69,1% sebanyak 38 siswa. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji OneSampel T test, maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000.Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Sedangkan nilai thitung motivasi belajar sebesar 38,932 dan thitung hasil belajar sebesar 36,168 lebih besar dari ttabel = 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Uji Regresi Liniear Sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...