Business competition is getting tougher in the era of globalization today make it every company is required to be able to compete and set the right marketing strategy. Marketing aims to build and retain customers who can benefit the company. The existence of trust from the public (public trust) will provide a positive image of the company's existence and have an impact on the loyalty of consumers who use the company's services and products. This study aims to determine the effect of public relations and reputation mediated by image which has an impact on loyalty. The method used is inferential analysis (quantitative) with multiple regression analysis techniques and for the sample obtained a sample of 100 respondents with a purposive sampling technique. the results of simultaneous analysis of public relations and reputation mediated by image have a significant effect on loyalty. To maintain customer loyalty in the future, company should be more aggressively in building public relations and company reputation, so company's image among consumers can be better. Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi saat ini membuat setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi pemasaran yang tepat. Pemasaran bertujuan untuk membangun dan mempertahankan pelanggan yang dapat menguntungkan perusahaan. Adanya kepercayaan dari publik (public trust) akan memberikan image yang positif terhadap keberadaan perusahaan dan berdampak pada loyalitas konsumen yang memakai jasa maupun produk perusahaan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh public relation dan reputasi yang di mediasi oleh image yang berdampak pada loyalitas. Metode yang digunakan adalah Analisis Inferensial (kuantitatif) dengan teknik analisis regresi berganda dan untuk sampel diperoleh sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. hasil anlisis secara simultan public relation dan reputasi yang di-mediasi oleh image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, sebaiknya perusahaan kedepannya lebih giat membangun public relation dan reputasi perusahaan yang baik dengan harapan citra perusahaan di kalangan konsumen bisa lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021