Dimensi Utama Teknik Sipil
Vol 4 No 1 (2017): April 2017

ANALISA PENGARUH BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP NIAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN MEWAH DI MAKASSAR

Arnold Phengkarsa (Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Timoticin Kwanda (Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)
Didik Wahjudi (Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kota Makassar, untuk mengetahui faktor-faktor internal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli rumah. Penelitian sebelumnya lebih banyak meneliti tentang faktor eksternal (harga, lokasi, desain, dll) dibanding faktor internal. Faktor-faktor internal yang diteliti terhadap niat konsumen membeli rumah di kawasan perumahan mewah adalah faktor budaya dan sosial. Faktor budaya terbagi atas faktor power distance dan faktor individualism-collectivism. Faktor sosial terbagi atas pengaruh pasangan, pengaruh anak, pengaruh orang tua, dan pengaruh teman. Analisa hasil penelitian dari 204 sampel ini menyebutkan faktor power distance, individualism-collectivism, dan pengaruh anak adalah faktor-faktor yang signifikan terhadap niat pembelian rumah di kawasan perumahan mewah Makassar. Di sisi lainnya pengaruh pasangan hidup, orang tua, dan teman tidak mempunyai korelasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

duts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Dimensi Utama Teknik Sipil (DUTS) promotes the widest possible dissemination of civil engineering knowledge by encouraging researchers to conduct research, build new or extend existing theoretical foundations, and contribute to practice at the corporate and national level. We aim to improve ...