Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 4, No 4 (2021)

Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Humanistik Terhadap Kemampuan Pemecahan permasalahan Siswa

Suhandri Suhandri (Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
yaya Kusumah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Turmudi Turmudi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Ketakutan dan kecamasan siswa dalam matematika merupakan sumber utama kegagalan mereka menguasai matematika yang berdampak dengan ketidakmampuan mereka menyelesaikan masalah yang memerlukan pemahaman, keseriusan, dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran pendekatan humanistik terhadap kemampuan pemecahan perasalahan matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan Post-test Only Control Group. Populasinya adalah siswa MTs di Kota Pekanbaru, sedangkan sampelnya 60 siswa  kelas VIII. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa soal-soal  pemecahan permasalahan matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran pendekatan humanistik terhadap kemampuan pemecahan permasalahan matematis siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...