Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus, Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam

PENGARUH PENGGUNAAN MUSIUM VIRTUAL DI GEOGLE ARTS AND CULTURE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN SKI DI MTs DARUSSALAM KOTA LUBUKLINGGAU

Sa'idah (Unknown)
Hambali, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran musium virtual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Darussalam Lubuklinggau, 2). mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran musium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VII MTs Darussalam Lubuklinggau secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik MTs Darussalam Lubuklinggau yang berjumlah 151 peserta didik dengan teknik purposif sampling, yaitu kelas VII Abdullah bin Mas`ud dan Kelas VII Surabil bin Hasanah sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal itu dibuktikan dengan hasil thitung = 4,278 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikanyang diperoleh 0,000 < 0,05. 2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung = 5,112 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05.3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan museum virtual di geogle art and cultural terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darussalam Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung = 5,680 > ttabel (53-1=52) = 1,674 dan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknoaulama

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

TEKNO AULAMA adalah jurnal penelitian dan pengembangan bidang teknologi pendidikan, khususnya penelitian dengan pendekatan R and D. Jurnal ini diharapkan mampu menjadi lautan ide dan sumber lahirnya pemikiran pengembangan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. TEKNO AULAMA juga ...