DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Vol. 7 No. 2 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik

Huliatunisa, Yayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi awal pada mata pelajaran bahasa Indonesia bahwa dari 37 peserta didik, terdapat 19 orang yang mendapatkan skor rendah dan kurang dari nilai KKM (65) serta permasalahan kurangnya minat menulis puisi siswa, sulitnya memilih kosakata dalam penulisan puisi dan belum ditemukannya teknik pembelajaran yang cocok dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi. Pembelajaran yang telah dilaksanakan akan digambarkan dengan metode deskriptif yang didalamnya meliputi bagaimana bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik pada pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, melalui tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan dengan 2 siklus yang pada tiap siklusnya dilaksanakan membentuk spiral yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, refleksi, perencanaan kembali yang merupakan dasar suatu ancang-ancang dalam pemecahan permasalahan. Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa hanya meningkat dari kondisi awal 40% menjadi 69%. Pada akhir siklus II terjadi peningkatan yang sangat baik yaitu rata-rata kemampuan menulis puisi siswa menjadi 82%. Sehingga hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa tehnik akrostik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada pembelajaran tematik siswa kelas IV di SDN Pakujaya 01 Kota Tangerang Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtdik

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through ...