DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Vol. 8 No. 1 (2021): Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah

Hamamy, Fauziyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Tujuan dilakasanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi akademik siswa di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Metode ex post facto digunakan untuk mengungkapkan keterhubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini ada seluruh siswa SDN Tegal Alur 01 Pagi, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jenis non probability sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi akademik siswa dari status sosial tinggi lebih baik dibanding dengan siswa dari status sosial rendah. Sebanyak 40% siswa dari kelompok status sosial tinggi berada pada kategori prestasi akademik tinggi sedangkan dari kelompok status sosial rendah hanya sebanyak 36% siswa. Perbedaan fasilitas dan partisipasi orang tua dalam mendukung aktivitas belajar menjadi faktor pendukung capaian prestasi akademik siswa dari kelompok status sosial tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa dari kelompok status sosial ekonomi rendah. Oleh sebab itu, terdapat hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtdik

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through ...