Tujuan dilakasanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi akademik siswa di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Metode ex post facto digunakan untuk mengungkapkan keterhubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini ada seluruh siswa SDN Tegal Alur 01 Pagi, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jenis non probability sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi akademik siswa dari status sosial tinggi lebih baik dibanding dengan siswa dari status sosial rendah. Sebanyak 40% siswa dari kelompok status sosial tinggi berada pada kategori prestasi akademik tinggi sedangkan dari kelompok status sosial rendah hanya sebanyak 36% siswa. Perbedaan fasilitas dan partisipasi orang tua dalam mendukung aktivitas belajar menjadi faktor pendukung capaian prestasi akademik siswa dari kelompok status sosial tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa dari kelompok status sosial ekonomi rendah. Oleh sebab itu, terdapat hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa di sekolah.
Copyrights © 2021