Jurnal Bahasa Jepang Taiyou
Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Taiyou

Pendekatan Psikolinguistik dan Faktor Psikologis Terhadap Pola Interaksi dalam Pembelajaran Bahasa

Andi Irma Sarjani (Universitas Darma Persada)
Edi Saputro (STKIP PGRI Bandar Lampung)
D. Nurfajrin Ningsih (Universitas Suryakencana)
Herlina Sunarti (Universitas Darma Persada)
Yessy Harun (Universitas Darma Persada)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Di dalam konteks psikolinguistik, sebagai seorang pengajar, guru dituntut harus dapat memahami mental, karakter, atau perilaku peserta didik, karena hal itu akan berpengaruh pada perilaku berbahasa mereka ketika belajar bahasa. Memahami mental peserta didik tentu dapat dilakukan guru, salah satunya dengan cara pendekatan komunikatif melalui interaksi di kelas. Dalam penelitian ini dibahas bagaimana konsep psikolinguistik sebagai sebuah pendekatan dalam pembelajaran bahasa, faktor-faktor psikologis apa saja yang mempengaruhi perkembangan bahasa, dan bagaimana peran pendekatan psikolinguistik dalam membangun pola interaksi yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan psikolinguistik dan faktor psikologis dapat diaplikasikan melalui pola interaksi yang efektif, dimana hal-hal tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

taiyou

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa Jepang Taiyou will publish a selected paper under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). The publication policies of the Journal meet the normal requirements for Open Access. which means that all content is freely available at no cost with the use of his / ...