Jurnal Ilmiah SEMANTIKA
Vol. 3 No. 01 (2021): Agustus

ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM

Yustiyawati Yustiyawati (IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin Hasanudin (IKIP PGRI Bojonegoro)
Ahmad Kholiqul Amin Amin (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Teks ulasan merupakan salah satu teks yang memuat tentang penilaian sebuah karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk struktur teks ulasan (orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman) yang telah ditulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi,tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Katolik St. Louis Cepu dapat menulis teks ulasan pada bagain 1) orientasi dikategorikan baik, 2) tafsiran dikategorikan baik, 3) evaluasi dikategorikan baik, dan 4) rangkuman dikategorikan baik. Simpulan penelitian ini adalah pengguna metode quantum learning berbantukan google classroom dapat membuat siswa menulis teks ulasan lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semantika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasil penelitian, tinjauan pustaka ( literature review ) dan/atau bentuk karya tulis ilmiah lainnya, yang khusus mengkaji Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran BIPA, Sastra Murni, Linguistik, dan Teknologi Pembelajaran Bahasa ...