Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 2 (2021)

Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar

Azizah Azizah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako)
Akina Akina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako)
Mufidah Mufidah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako)
Nuraini Nuraini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari pengadian pada masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan modul pembelajaran. Mitra pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah SDN Inti Olaya Kabupaten Parigi Moutong. Pada pertemuan awal tim pengabdi dengan Kepala Sekolah SDN Inti Olaya diperoleh permasalahan bahwa guru di SDN Inti Olaya belum mengetahui pembuatan modul dalam pembelajaran. Kegiatan pendampingan pembuatan modul pembelajaran ini menggunakan pendekatan andragogy. Metode yang digunakan yaitu diskusi, brainstorming, dan demontrasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari kegiatan ini adalah guru antusias dalam menyusun modul pembelajaran, khususnya pada masa pandemi saat ini. Modul pembelajaran dapat membantu tugas guru dalam menyampikan materi pelajaran ke siswa. Selain itu, implementasi penggunaan modul pembelajaran oleh guru dan siswa mendapat tanggapan positif. Guru dan siswa mengaku lebih mudah memahami materi dengan bantuan modul pembelajaran.

Copyrights © 2021