Jurnal Kesehatan Medika Saintika
Vol 12, No 2 (2021): Desember 2021

EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG DAMPAK SEKS BEBAS PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nova Arikhman (Stikes Syedza Saintika Padang)
Synthia Rahmi Gusdian (STIKes Syedza Saintika)
Oktariyani Dasril (STIKes Syedza Saintika)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

ABSTRAK Perilaku seks bebas menimbulkan berbagai dampak negatif pada remaja seperti kehamilan yang tidak diinginkan dan aborsi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dan diskusi kelompok dalam meningkatkan pengetahuan  tentang dampak seks bebas pada remaja SMPN 39 Padang tahun 2019.             Jenis penelitian yang dilakukan quasi eksperimental dengan rancangan one group pre-test dan post-test.  Persentase rata-rata pada kelompok ceramah sesudah dilakukan intervensi (68,33), berbeda dengan rata-rata pengetahuan sesudah pada kelompok metode diskusi kelompok (75,33).  Hal ini dibuktikan hasil uji paired sample t-test dengan nilai p= 0,000<0,05 dengan rata-rata 10,000 pada kelompok ceramah dan pada kelompok diskusi p=0,003 dengan rata-rata 9,000.  Hasil penelitian menunjukan bahwa metode ceramah lebih efektif dibandingkan metode diskusi kelompok disebabkan metode ceramah lebih mampu mempengaruhi pengetahuan remaja.  Hasi uji Independent t-test p= 0,157 artinya tidak ada perbedaan efektivitas antara metode ceramah dan diskusi kelompok.Kata kunci: Seks bebas, ceramah, diskusi, pengetahuan  ABSTRACT  Free sex has a variety of negative effects on adolescents such as unwanted pregnancy and abortion.  This study aims to determine the effectiveness of the lectures and group discussion methods in increasing knowledge about the effects of free sex on adolescents at 39 Padang Junior High School in 2019.  This type of quasi experimental research with one group pre-test and post-test design.The average percentage in the lecture group after the intervention (68.33), is different from the average knowledge after the group discussion group method (75.33). This is evidenced by the results of paired sample t-test with a value of p = 0,000 <0.05 with an average of 10,000 in the lecture group and in the discussion group p = 0.003 with an average of 9,000. The results showed that the lecture method was more effective than the group discussion method because the lecture method was more able to influence adolescent knowledge.  The result of the Independent t-test p = 0.157 means that there is no difference in effectiveness between the lecture method and group discussion.Keyword: Free sex, lectures, discussion, knowledge

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kesehatan Medika Saintika adalah Jurnal Kesehatan berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Stikes Syedza Saintika Padang dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan Desember. Proses penyerahan naskah terbuka sepanjang tahun. Semua naskah yang dikirim akan melalui peer review ganda dan ulasan ...