Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibantu Fishbone Diagram terhadap keterampilan proses sains peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Juni 2017 di SMA Negeri 1 Karangnunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Karangnunggal sebanyak 7 kelas yang terdiri dari 265 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan proses sains yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibantu Fishbone Diagram terhadap keterampilan proses sains peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal.
Copyrights © 2018