Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 5, No 6 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AGAMA BUDDHA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE

Sutopo Sutopo (SMA Negeri 1 Bengkalis, Bengkalis)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Perkembangan teknologi yang berjalan begitu pesat maka segala kebutuhan manusia disegala bidang akan mengalami sebuah perubahan drastis dari keterlambatan menuju percepatan, dari keterbelakangan menuju kemajuan, dari sifat tertutup menjadi sifat terbuka. Media pembelajaran merupakan salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran yang digunakan dalam perkembangan teknologi adalah Youtube. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu  berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bengkalis. Subjek penelitian ini adalah siswa beragama buddha pada kelas X (Sepuluh) IPS SMA Negeri 1 Bengkalis, jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Dua siklus yang memperlihatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang meningkat. Siklus I rata-rata yang diperoleh <75 (75%), sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh >75 (75%). Penerapan media pembelajaran menggunakan youtube dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...