Indonesian Journal of Education and Learning
Vol 5, No 1 (2021): Indonesian Journal of Education and Learning

Modul Virtual Keterampilan Membaca Berbasis Fkipbook Maker untuk Mahasiswa Prodi PBSI FKIP UNTIDAR

Ayu Wulandari (Universitas Tidar)
Retma Sari (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Kebijakan pemerintah akibat adanya kasus Covid 19 menyebabkan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka beralih secara tiba-tiba pada pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannya terdapat problematika dalam pembelajaran daring salah satunya kebingungan mahasiswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul virtual keterampilan membaca berbasis flipbook maker untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNTIDAR. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Langkah pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, dan pengembangan draf produk. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Langkah pengembangan modul virtual keterampilan membaca dimulai dengan (1) melakukan studi lapangan dan pustaka dengan mengobservasi kelas dan mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan. (2) Merencanakan produk dengan meninjau materi yang terdapat dalam silabus mata kuliah membaca dan pengajaran membaca serta menyusun materi, (3) mengembangkan draf produk modul yang telah disusun dan mentransformasikannya dalam modul virtual.Government policies due to the Covid-19 case have caused learning that is usually carried out face-to-face to suddenly switch to online learning. In practice, there are problems in online learning, one of which is the confusion of students in understanding the material. This study aims to develop a virtual module of flipbook maker based reading skills for students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program, FKIP UNTIDAR. This research is a Researcrh & Development (R&D) research using the Borg and Gall model. The development steps in this research consist of research and data collection, product planning, and product draft development. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results of this study indicate that the step of developing the virtual module of reading skills begins with (1) conducting field and literature studies by observing the class and reviewing relevant theories and research results. 2) Planning the product by reviewing the material contained in the syllabus of reading courses and teaching reading and compiling materials, (3) developing a draft of the module product that has been compiled and transforming it into a virtual module. 

Copyrights © 2021