MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2021): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATERI HIMPUNAN PADA KELAS VII SMP NEGERI NUNUFAFI

Elianus Ukat (Universitas Timor)
Hermina Disnawati (Unknown)
Stanislaus Amsikan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Skripsi ini dengan judul: “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Himpunan pada Kelas VII SMP Negeri Nunufafi”. Penelitian ini bertujuan memperoleh peningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Negeri Nunufafi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri Nunufafi, yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil tes (2) lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukan dengan menerapakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri Nunufafi. Dari hasil penelitian maka persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 42,10% meningkat pada siklus II sebesar 78,94%. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri Nunufafi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...