Patria Educational Journal
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021

Pengembangan Media Shock Box untuk Mengidentifikasi Informasi Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII

Ainur Rohmah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sri Utami (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang secara khusus untuk mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat dinas. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Uji validasi dilakukan oleh 2 dosen, uji kepraktisan oleh guru bahasa Indonesia, dan uji kemenarikan oleh siswa kelas VII. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan melalui angket dan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media shock box untuk mengidentifikasi informasi surat pribadi dan surat dinas adalah aspek tampilan media, ahli media diperoleh 95%, ahli materi 97,2%, dan siswa 89,84%. Aspek penyajian media, ahli media 100%, ahli materi 100%. Aspek ketepatan media, ahli media 90%. Aspek ketertarikan media, siswa 92,19%. Aspek kesesuaian materi, ahli materi 100%. Aspek penyampaian materi, ahli materi 95%. Aspek materi, guru 89,29%, siswa 91,41%. Berdasarkan pemaparan hasil kategori tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...