Patria Educational Journal
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 September 2021

Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Tempat Bersejarah Bermuatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada Siswa Kelas VII

Nilna Munafaida (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Agus Hermawan (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar, ditemukan beberapa karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa. Salah satunya adalah karakter nasionalisme atau rasa cinta terutama pada tempat bersejarah di daerahnya. Hal tersebut didukung dengan kurangnya wawasan siswa dalam hal eksplorasi tempat bersejarah di Blitar serta lingkup sekolah yang berada di Boarding school. Oleh karena itu, perlu penanaman karakter nasionalisme terhadap siswa. Salah satunya melalui proses pembelajaran dengan menyisipkan pendidikan karakter nasionalisme pada teks deskripsi yang memiliki tujuan menggambarkan suatu objek secara detail. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan produk bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah bermuatan pendidikan karakter nasionalisme. Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan 5 langkah awal dari 10 langkah Borg & Gall (1989). Penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Data kuantitatif berupa skor penilaian validator ahli, guru bahasa Indonesia, dan peserta didik. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan oleh validator ahli dan guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah di Blitar bermuatan pendidikan karakter nasionalisme yang telah dinilai oleh responden dengan kualifikasi sangat layak, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...