Counseling Milenial (CM)
Vol. 1 No. 2 (2020): June 2020

Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Metro

Mudaim, Mudaim (Unknown)
Noor, Marzuki (Unknown)
Maharama, Afifa Zulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Abstrak Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang signifikan antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 279 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 71 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Intrument dalam pengambilan data menggunakan metode angket atau kuisioner model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasional dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil perhitungan analisis penelitian hubungan antara kepercayaan diri (X) dengan kemandirian belajar (Y) peserta didik SMA Negeri 4 Metro yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus correlation product moment diperoleh taraf signifikan 5%. Dengan df = n-2 = 71 pada taraf signifikansi 5%, diperoleh rtabel sebesar 0,235. Maka rhitung > rtabel atau 0,53 > 0,235, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar peserta didik SMA Negeri 4 Metro. Abstract The formulation problem and issues for the research study is whether there is a significant link between self-confidence with self-reliance learning of students in SMA Negeri 4 Metro academic year 2018/2019. The purpose of this study research is to determine the significant of correlations between self-confidence with the independent learning of students of SMA Negeri 4 Metro academic year 2018/2019. The research study using a quantitative correlation design methodes. The sample of population for this study was 279 students. The research samples of 71 students are simple random sampling techniques. The Instrument in data retrieval using the poll method/ questionnaire or a Likert scale model questionnaire. Data analysis techniques was using a correlational techniques and product moment formula.Based on the results of research analysis of the correlation between self-confidence (X) with the Independence of learning (Y) students of SMA Negeri 4 Metro that has been done using the correlation product moment formula was gained a significant status of 5%. With DF = n-2 = 71 at a significance level of 5%, the r table is obtained at 0.235. Then r count > r table or 0.53 > 0.235, then Ho is rejected and Ha are accepted. The conclusion, there is a significant correlation between the self-confidence with the independence learning of the students SMA Negeri 4 Metro.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konselor

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Counseling Milenial (CM) Jurnal bimbingan dan konseling mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Metro lebih berpusat kepada ilmu pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Psikologi dan Psikologi Pendidikan. As well as the study of psychology education and other relevant guidance and ...