Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran biologi khususnya materi ciri dan peran bekteri dalam kehidupan ditemukan masalah, dimana masih banyak siswa yang nilainya (hasil belajar) belum memenuhi KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi ciri dan peran bekteri dalam kehidupan di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar yang terdiri dari 30 siswa dengan komposisi perempuan sebanyak 16 siswa dan laki-laki sebanyak 14 siswa. Berdasarkan data penelitian yang telah dianalisis, hasil belajar siswa pada materi ciri dan peran bakteri dalam kehidupan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,37 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,67% mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,90 dan ketuntasan klasikal 86,67% sudah melampaui kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan dalam indicator penelitian yaitu 85%. Adapun aktifitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 69,45% kriteria cukup mengalami peningkatan aktifitas siswa pada siklus II dengan perolehan rata-rata persentase keseluruhan 88,33% kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ciri dan peran bakteri dalam kehidupan mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021