cover
Contact Name
Syafruddin
Contact Email
syafruddinfkip@gmail.com
Phone
+6282340048544
Journal Mail Official
jkfkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Semongkat, Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Kependidikan
Published by Universitas Samawa
ISSN : 2302111x     EISSN : 26859254     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus jurnal ini, adalah (1) Evaluasi dan Penilaian Pendidikan, (2) Pendidikan Karakter, (3) Teknologi dan Kurikulum Pendidikan, (4) Masalah dan Kebijakan Pendidikan, (5) Perencanaan Pembelajaran, (6) Psikologi Pendidikan, dan (6) Manajemen Pendidikan dan Kepemimpinan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 192 Documents
PENGEMBANGAN BUKU SAKU (POCKET BOOK) BIOLOGI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAK ST. GREGORIUS SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Patrianus Hibur; Syafruddin; Eryuni Ramdhayani
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.285 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku (pocket book) biologi sebagai bahan ajar tambahan pada mata pelajaran biologi khususnya materi histologi tumbuhan kelas XI SMAK ST. GREGORIUS Sumbawa Besar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMAK ST. GREGORIUS Sumbawa Besar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapannya meliputi: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Padatahap pengembangan produk awal dilakukan validasi materi oleh satu orang ahli materi (dosen), validasi media oleh satu orang ahli media (dosen) dan satu orang ahli praktisi (guru). Buku saku ini diujicobakan kepada siswa kelompok kecil (6 orang), kemudian diimplementasikan pada seluruh siswa kelas XI MIA SMAK St. Gregorius Sumbawa Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kelayakan buku saku sebagai bahan ajar tambahan pada mata pelajaran biologi khususnya materi histologi tumbuhan berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,00 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,57 yang termasuk kategori Sangat Layak, 3) Ahli Praktisi diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 4) Uji Coba Kelompok Kecil diperoleh skor 3,50 yang termasuk kategori Sangat Layak. Sedangkan tingkat minat belajar siswa dengan menggunakan buku saku diperoleh rata-rata skor 3,50 yang termasuk sangat tinggi. Dengan demikian buku saku yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi serta meningkatkan minat belajar siswa.
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGIKA MATEMATIKA Aska Muta Yuliani; Muhammad Irham
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.916 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja dan penyebab kesalahan yang dilakukan mahasiswa STKIP Paracendekian NW Sumbawa semeste ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal negasi pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor pada logika matematika dan untuk mengetahui alternatif pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes logika matematika. Data yang dianalisis adalah hasil pengerjaan mahasiswa di atas lembar kerja yang melakukan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kesalahan yaitu (a) kesalahan dalam memahami maksud dari pernyataan yang diberikan pada soal, dan (b) kesalahan dalam menuliskan bentuk negasi dari pernyataan biimplikasi dan pernyatan berkuantor, dan (c) kesalahan ketika proses melakukan negasi pada pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor”. Kesalahan - kesalahan yang dilakukan disebabkan oleh beberapa hal yaitu (a) kurangnya pemahaman konsep dari beberapa negasi pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor; (b) mahasiswa kurang teliti ketika menyelesaikan soal yaitu tanpa sadar menuliskan bentuk negasi pernyataan dengan salah, padahal mereka tahu bentuk negasi yang benar; (c) mahasiswa lupa mengenai beberapa konsep negasi pernyataan majemuk terutama negasi dari pernyataan biimplikasi.
ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL WARISAN KARYA CHAIRUL HARUN Edel Trudis Ghao; Rini Qurratul Aini; Riadi Suhendra
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.143 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aspek sosiologi sastra yang meliputi pembagian warisan di Minangkabau dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Warisan karya Chairul Harun. Objek dari penelitian adalah novel Warisan karya Chairul Harun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik baca dan teknhik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini adalah budaya pembagian warisan di Minangkabau yang tercermin dalam novel Warisan meliputi 1) garis keturunan martilineal, 2) ahli waris atas harta pusaka tinggi adalah perempuan, 3) harta pusaka tinggi milik kaum atau suku, 4) Harta pusako rendah diwariskan menurut hukum islam (faraidh) 5) LembaGA Hibah sedangkan Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel yaitu seiyo sekata, sehino semalu, dan sapiku sajinjing.
MENUMBUH KEMBANGKAN MINAT BACA MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Rahmawati
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.672 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran sebagai penunjang kelancaran proses pembelajaran dengan menumbuh kembangkan minat baca mahasiswa melalui tugas makalah. rendahnya minat baca pada seseorang dapat disebabkan dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal.. Dalam menunjang tugas tersebut dosen memberikan tugas tambahan seperti diwajibkan membaca minimal 3 buku atau jurnal yang berkaitan dengan materi di setiap pertemuan disertai dengan bukti fisik. Sehingga mahasiswa ikut aktif dalam pembelajaran. penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran sebagai penunjang kelancaran proses pembelajaran dengan menumbuh kembangkan minat baca mahasiswa melalui tugas makalah dengan mewajibkan mahasiswa mencari referensi yang sesuai dengan materi perkuliahan setiap pertemuan minimal tiga buku, tiga jurnal baik nasional maupun internasional yang disertai dengan bukti fisik. Mahasiswa merangkum inti sari pembahasan dalam referensi baik buku maupun jurnal yang digunakan dalam bentuk tulisan tangan. Dan membuat kesepakatan bagi mahasiswa yang tidak membuat resensi akan diberi sanksi dikurangi nilainya lima poin. Hasilnya sudah mulai ada perubahan jika dibandingkan dengan sebelum diterapkan tugas tersebut. Walaupun pada awalnya mahasiswa terpaksa akan tetapi, seiring berjalannya waktu minat baca menjadi meningkat karena dijadikan kebutuhan.
KESIAPAN KEPALA MADRASAH ALIYAH SWASTRA MENYELENGARAKAN PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KABUPATEN SUMBAWA BESAR Sri Sugiarto
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.418 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesiapan Kepala Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kabupaten Sumbawa dalam menyelengarakan pendidikan sesuai tuntutan era revolusi industri 4.0. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan desain penelitian survei deskriptif. Sampel penelitian ini adalah kepala MAS di Kabupaten Sumbawa sebanyak 10 orang yang diambil secara random sampling. Selanjutnya, data penelitian ini akan dikumpulkan menggunakan teknik angket dengan kuesioner tertutup. Kemudian, data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Dari hasil penelitian, menunjukkan aspek kompetensi profesionalisme Kepala MAS berkategori siap dengan persentase kesiapannya sebesar 78%. Selanjutnya aspek kesiapan Kepala MAS terhadap tantangan kepemimpinan sudah mencapai persentase kesiapan sebesar 68% dengan kategori siap. Begitu juga pada aspek kesiapan terhadap soslusi kepemimpian sudah mencapai persentase kesiapan sebesar 67% dengan kategori siap.
ANALISIS KECEMASAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUMBAWA Popi Marpuri; Sarwo Edy Wibowo
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.851 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecemasan siswa pada saat pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan banyak subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa dari 22 siswa yang telah diklasifikasikan menjadi satu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, satu siswa yang memiiki kemampuan matematika sedang, dan satu siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada kecemasan siswa pada pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang menunjukkan adanya kecemasan siswa yang dinilai dari tiga aspek yakni perasaan takut siswa akan kemampuan matematika yang dimilikinya, model pembelajaran yang digunakan oleh guru dan ketertarikan terhadap pembelajaran matematika.
ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMBAWA TAHUN 2018 Fitriani; Eryuni Ramdhayani; Indah Dwi Lestari
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.687 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang baru diterapkan, di dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Hal yang baru diterapkan ini tentu memiliki beberapa kesulitan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja kesulitan yang dialami guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumbawa Tahun 2018? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sumbawa Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya yakni dengan wawancara terhadap narasumber. Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah 20 guru dari 10 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Sumbawa Tahun 2018 masing-masing sekolah diwakili 2 guru yaitu wali kelas I dan IV, yang diamati di dalam lokasi penelitian ialah terkait dengan kegiatan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik/ilmiah, begitu pula terkait dengan sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses pembelajaran dengan implemetasi kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumbawa menggunakan pendekatan saintifik atau ilmiah sesuai dengan karakteristik dari kurikulum 2013, akan tetapi memang belum bisa diterapkan secara maksimal dikarenakan kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru sehingga guru masih belum paham dalam mengimplementasikannya. Hal ini tentunya menjadi kesulitan yang dialami guru dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013 tersebut, beberapa kesulitan yang dirasakan yakni pada (a) langkah-langkah pembelajaran, (b) proses penilaian yang terlalu rumit dan rinci, (c) kurangnya ketersedian sarana dan prasarana untuk penunjang proses pembelajaran, (d) kurangnya dukung orang tua.
ANALISIS KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN FASLITAS BELAJAR DI SMA NEGERI 1 PLAMPANG Tuti Asnila; Fatmawati
Jurnal Kependidikan Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.52 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Plampang. Subyek penelitian pada kepala sekolah di SMA Negeri 1 Plampang, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi.Jenis penelitian fenomenologi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja.Dan uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru kaitan dengan merancang pembelajaran, membantu mengembangkan bakat siswa dan memahami peserta didik secara mendalam yaitu, guru diikutsertakan dalam MGMP, workshop/seminar diskusi antar guru yang berada di SMA Negeri 1 Plampamg serta memotivasi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, agar guru-guru dapat memenuhi kualifikasi akademik, mendapatkan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan inovasi baru dalam pembelajaran. Selain kompetensi pedagogik adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkkan kompetensi kepribadian guru yaitu kepala sekolah memberikan teladan kepada guru-guru, pemberian reward, saling mengunjugi serta berkomunikasi dan berkerja sama dengan masyarakat sekitar agar kepribadian sebagai seorang guru dapat dicontoh oleh siswa khusunya dan masyarakat pada umumnya. Dan penyediaan fasilitas yang masih kurang yaitu meminta bantuan dari wali murid serta pemerintah.
EKSPLORASI PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK DI USIA 2 TAHUN 3 BULAN PADA TATARAN FONOLOGI Devi Apdalia; Sri Sugiarto; Riadi Suhendra
Jurnal Kependidikan Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4842.11 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa pertama pada di anak usia 2 tahun 3 bulan khususnya pada tataran fonologi, ditinjau dari pemerolehan fonem bahasa Indonesia, realisasi perubahan fonem pada penyebutan kata dan pembentukan silaba (suku kata). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi cross-sectional. Subjek penelitian adalah anak berusia 2 tahun 3 bulan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan rekam. Teknik analisis data mengunakan teknik padan intralingual dengan teknik dasar hubung banding. Berdasarkan hasil analisis data, anak usia 2 tahun 3 bulan tersebut jika dilihat pada pemerolehan fonem bahasa Sumbawa pada masing-masing anak memiliki keunikan individu. Dari keempat anak yang diteliti bahwa fonem konsonan yang telah diperoleh adalah [b], [p], [m], [w], [d], [t], [l], [s], [c], [j], [g], [k], [h], [?],[y],[n] dan fonem vokal [a], [i], [u], [U], [e], [?], [?], [o], [?], [I]. Pada pemerolehan fonem diftong hanya ada dua anak yang telah memperoleh, yaitu pada anak berinisial SN dan SB sedangkan pada SNR dan KA belum ditemukan adanya kemunculan saat berujar. Selain itu, pada perubahan fonem dalam penyebutan kata, yang sering muncul kesalahan pada saat berujar, yakni: palatalisasi, penghilangan, perubahan, dan labialisasi. Kemudian, pada pembentukan silaba, yaitu: anak memperoleh pola (1) V, (2) KV, (3) VK, (4) KVK, (5) KKV, (6) VKK, (7) KKVK, (8) KVKK.
HUBUNGAN ANTARA INOVASI KEPALA SEKOLAH, KELENGKAPAN SARANA PRASARANA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SUMBAWA BESAR Ade Safitri
Jurnal Kependidikan Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Kependidikan
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5847.27 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (2) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (3) hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (4) hubungan langsung antara kelengkapan sarana prasarana dengan motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (5) hubungan langsung antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (6) hubungan langsung antara inovasi kepala sekolah, kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (7) hubungan tidak langsung antara inovasi kepala sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar, (8) hubungan tidak langsung antara kelengkapan sarana prasarana sekolah, motivasi kerja, dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Besar dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik secara proporsional (proportional sampling). Sedangkan untuk menganalisis data yaitu menggunakan analisis jalur (path analysis).

Page 1 of 20 | Total Record : 192