Jurnal Kependidikan
Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Kependidikan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MATERI SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nurbaya (SMA Negeri 3 Sumbawa)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi sejauh mana peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem eksresi pada manusia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 34 orang dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kegiatan berlangsung sesuai dengan rencana, akan tetapi dari segi hasil masih ditemukan kelemahan. Data tiap siklus diperoleh melalui analisis hasil belajar siswa yaitu lembar kerja siswa (LKS), lembar pertanyaan estafet Biologi, soal postets dan lembar observasi sikap (afektif) siswa, serta lembar observasi pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) melalui pengamatan dari guru mitra. Dari analisis data hasil belajar Biologi siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,18 dengan 8 (23,53%) orang siswa memiliki nilai kurang dari KKM (78) atau belum tuntas dan 26 (76,47%) orang siswa memiliki nilai diatas KKM (78) atau tuntas. Dengan demikian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang dihasilkan sebesar 76,47% masih di bawah 85% serta rata-rata persentase aktifitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 70,41% dengan predikat cukup. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pada siklus II dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,24 dengan 4 (11,76%) orang siswa memiliki nilai dibawah KKM (78) atau belum tuntas dan 30 (88,24%) orang siswa memiliki nilai diatas KKM (78) atau tuntas, sehingga ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh sebesar 88,24% telah melampaui persentase ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Adapun dari segi aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 81,26% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem eksresi pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...