PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 2 (2022): March - June

Analisis Buku Teks IPA SMP Kelas VII Berdasarkan Muatan Kemampuan Berpiki Kreatif pada Tema Udaraku Bersih

Neneng Giniati Rohmah (Pendidikan IPA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suroso Mukti Leksono (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Adi Nestiadi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan muatan kemampuan berpikir kreatif dan mendeskripsikan aspek kemampuan berpikir kreatif dalam buku teks IPA SMP kurikulum 2013 kelas VII pada tema udaraku bersih yang digunakan di Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan statistik deskriptif. Intrumen yang digunakan yaitu instrumen muatan aspek kemampuan berpikir kreatif yang dimodifikasi dari Munandar (2009) pada masing-masing buku teks. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemunculan tiap aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Kemendikbud adalah aspek kelancaran (fluency) yaitu sebesar 75% kategori sesuai,  aspek keluwesan (flexibility) 66,67% kategori sesuai, aspek keaslian (originality) 66,67% kategori sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 66,67% kategori sesuai. Kemunculan aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Yudhistira yaitu aspek kelancaran (fluency) 50% kategori cukup sesuai, aspek keluwesan (flexibility) 33,33% kurang sesuai, aspek keaslian (originality) 33,33% kurang sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 100% sangat sesuai. Kemunculan aspek pada buku IPA kelas VII tema udaraku bersih terbitan Erlangga yaitu aspek kelancaran (fluency) 50% cukup sesuai, aspek keluwesan (flexibility) 66,67% sesuai, aspek keaslian (originality) 33,33% kurang sesuai, dan aspek elaborasi (elaboration) 66,67% kategori sesuai

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...