PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 2 (2022): March - June

Pengembangan Videoscribe Tema Transportasi Si-Hijau Untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII

Kevin Ledya (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Vica Dian Aprelia Resti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan analisis masalah pada latar belakang dibuatlah produk media pembelajaran videoscribe tema transportasi si-hijau sebagai salah satu alternatif solusi untuk melatih keterampilan komunikasi sains siswa. Kemudian dilakukan validasi oleh ahli dan praktisi untuk memperoleh data kevalidan produk media pembelajaran videoscribe. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 3 tahap yaitu define, design dan development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kevalidan produk media pembelajaran videoscribe tema transportasi si-hijau diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,13% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi pengembangan videoscribe tema transportasi si-hijau untuk melatih keterampilan komunikasi sains siswa SMP kelas VII ini valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...