Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan pendidik dalam penyusunan modul elektronik dengan pendekatan open ended. Kegiatan ini dilakukan di SMA N 2 kota Batu yang terdiri dari 7 subjek. Permasalahan ini diperoleh dengan adanya kegiatan Forume Group Discussion yang mana dalam pelaksanaannya tersebut disampaikan perlunya pelatihan penyusunan modul elektronik guna menunjang pelaksanaan pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan yaitu melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Dimana kegiatan pelatihan diisi oleh ahli penyusunan bahan ajar dan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan penyusunan bahan ajar elektronik setelah kegiatan pelatihan tersebut serta kegiatan evaluasi program yang diberikan melalui google form. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik dan mendapat antusias dari subjek. Selain itu juga terlihat dari hasil evaluasi melalui google form yang mendapatkan rata-rata 82,33 % dan persentase tertingga adalah pada penjelasan materi yaitu 86%. Pelatihan dan pendampingan penyusunan e-modul ini dianggap penting karena dapat membantu pendidik dalam mempersiapkan bahan ajar guna menunjang kegiatan pembelajaran sehingga semua peserta didik dapat mendapatkannyaAbstract: The goal of this service activity is to help educators enhance their skills in creating electronic modules using an open-ended approach. This exercise was place in SMA Negeri 2 Batu City and involved seven subjects. This issue was discovered through the Forume Group Discussion activity, in which it was communicated that training in the development of electronic modules was required to enable the deployment of blended learning. Training and mentoring activities are employed as the method. Where professionals in the development of teaching materials fill the training activities, which are followed by mentoring activities in the preparation of electronic teaching materials after the training activities and program assessment activities provided through a google form. The outcomes of the training and mentoring activities revealed that the training and mentoring went well and that the subjects were enthusiastic about it. Furthermore, it can be observed from the results of the evaluation through the google form, which received an average of 82.33 percent, with the highest percentage (86 percent) in the material explanation. This training and assistance in the creation of e-modules is significant because it can help instructors create teaching resources to support learning activities that are accessible to all students.
Copyrights © 2021