Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Pendekatan yang diambil adalah pendekatan kausal di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A, V B dan V C Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kota Bogor yang terdiri dari 88 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh kemampuan membaca pemaaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien (rxy) sebesar 0,90 dengan koefisien determinasi sebesar 81%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = -25,45 + 0,89(X). Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2022