Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

KESIAPAN DAN KENDALA GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34 PONTIANAK SELATAN

Hirna Hirna (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)
Kartono Kartono (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)
Suparjan Suparjan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan dan kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran online pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di 34 SDN Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari guru kelas VI dari kelas A, B, E dan F. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan protokol wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru siap melaksanakan pembelajaran dengan model daring. Kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran daring didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai seperti handphone dan laptop, kuota internet dan aplikasi. Kesiapan perangkat pembelajaran yang mendukung meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan penilaian. Selain itu, kesiapan sumber daya manusia meliputi pemahaman guru tentang pembelajaran daring, kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dan kapasitas guru dalam memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran di kelas. Kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran online juga menemui beberapa kendala, khususnya kurangnya perangkat mobile, mahalnya kuota internet, ketidakstabilan jaringan internet dan keterbatasan kapasitas platform/aplikasi. Kendala yang berkaitan dengan manajemen dalam melakukan pembelajaran daring yang dihadapi oleh para guru antara lain kesulitan dalam memilih dan menentukan materi pembelajaran, dan kurangnya pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan aplikasi untuk penyampaian instruksional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...