Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 SDN SUKASARI II KABUPATEN TANGERANG

Na'imatul Jannah (PGSD University of Muhammadiyah Tangerang)
Dilla Fadhila (PGSD University of Muhammadiyah Tangerang)
Enawar Enawar (PGSD University of Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi siswa yang berkesulitan membaca pada kelas II di SDN Sukasari II. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas II dan orang tua siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasari II pada bulan Juli sampai September 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan strategi guru melakukan sebuah persiapan dan perencanaan. Dalam perencanaannya itu antara lain yang pertama melihat kemampuan siswa dan menentukan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Selanjutnya yang kedua, guru menggunakan bahan ajar membaca untuk membimbing siswa belajar membaca. Ketiga, guru menggunakan strategi yang telah dibuat untuk membimbing siswa membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...