Abstrak: Pendidikan adalah suatu bentuk upaya sistematis yang dijadikan sebagai instrument untuk merealisasikan cita-cita luhur negara “Mencerdaskan kehidupan bangsa”. Dengan demikian, tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: kompetensi bahasa dan realitas berbahasa; potret bahasa sebagai identitas dan simbol kedaulatan bangsa; eksistensi bahasa Indonesia sebagai aktualisasi sikap nasionalisme, bela negara, dan cinta tanah air; dan nilai karakter bangsa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dijelaskan, bahwa sesungguhnya kompetensi bahasa tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan kognitif tentang bahasa, melainkan juga kompetensi komunikatif yang berkenaan dengan bagaimana bahasa digunakakan dalam realitas kehidupan sosial. Namun demikian, penggunaan bahasa harus bersifat proporsional dan kontekstual, sehingga eksistensi penggunaan bahasa Indonesia tetap terjaga, sebagai aktualisasi dari nilai utama karakter bangsa, Dengan demikian, tercermin peran bahasa Indonesia dalam mewujudkan nilai karakter bangsa yang terintegrasi dalam implementasi empat keterampilan berbahasa, baik dalam pembelajaran, maupun dalam interaksi sosial pada umumnya.Abstract: Education is a form of systematic effort that is used as an instrument to realize the noble ideals of the state "To educate the life of the nation". This paper aims to describe: language competence and language reality; portrait of language as identity and symbol of national sovereignty; the existence of the Indonesian language as the actualization of attitudes of nationalism, state defense, and love for the homeland; and the value of the nation's character in learning Indonesian. This paper is the result of research using qualitative methods with an ethnographic communication study approach. Based on the results of the study, it can be explained that in fact language competence is not only related to cognitive knowledge about language, but also communicative competence with regard to how language is used in the reality of social life. However, the use of language must be proportional and contextual, so that the existence of the use of the Indonesian language is maintained, as the actualization of the main values of the nation's character. , as well as in social interactions in general.
Copyrights © 2021