Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar, serta hubungan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA Terpadu Siswa SMP Negeri 1 Kabawo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabawo Kabupaten Muna, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 190 siswa, dengan sampel 127 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional simple random sampling dengan cara undian. Variabel yang diamati adalah lingkungan keluarga dan motivasi belajar sebagai variabel bebas serta prestasi belajar IPA Terpadu sebagai variabel terikat. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, kemudian data tersebut dianalisis secara statistik deskriptif dan menggunakan korelasi Spearman dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 1 Kabawo masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, (2) lingkungan keluarga berhubungan positif dengan prestasi belajar IPA Terpadu dengan nilai signifikan 0,035, (3) motivasi belajar juga berhubungan positif dengan prestasi belajar IPA Terpadu dengan nilai signifikan 0,039, (4) lingkungan keluarga dan motivasi belajar berhubungan positif dengan prestasi belajar IPA Terpadu siswa SMP Negeri 1 Kabawo dengan nilai signifikan 0,011
Copyrights © 2021