AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 6, No 3 (2021): Edisi November 2021

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBENTUK ENSIKLOPEDIA UNTUK MENDUKUNG MATERI FUNGI MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X

Seto Satrio (Universitas Halu Oleo)
Jahidin Jahidin (Universitas Halu Oleo)
Suriana Gende Ede (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Fungi mata pelajaran Biologi SMA kelas X dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Fungi mata pelajaran Biologi SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), namun dalam penelitian ini kami tidak melakukan tahapan implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) karena tidak memungkinkan bagi peneliti untuk melakukan tahapan tersebut. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 1 Lawa. Instrumen penelitian ini adalah lembar isian dengan skala thurstone dan likert. Teknik anaslisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil validasi kelayakan materi memperoleh rata-rata persentase 82,42% Interpretasi (sangat valid). Hasil validasi tanggapan peserta didik SMAN 1 Lawa memperoleh rata-rata persentase 84,14% Interpretasi (sangat baik). Interpretasi tersebut menggambarkan bahwa ensiklopedia fungi layak digunakan sebagai sumber belajar di sekolah menengah atas (SMA).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...