Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Fungi mata pelajaran Biologi SMA kelas X dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Fungi mata pelajaran Biologi SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), namun dalam penelitian ini kami tidak melakukan tahapan implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) karena tidak memungkinkan bagi peneliti untuk melakukan tahapan tersebut. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 1 Lawa. Instrumen penelitian ini adalah lembar isian dengan skala thurstone dan likert. Teknik anaslisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil validasi kelayakan materi memperoleh rata-rata persentase 82,42% Interpretasi (sangat valid). Hasil validasi tanggapan peserta didik SMAN 1 Lawa memperoleh rata-rata persentase 84,14% Interpretasi (sangat baik). Interpretasi tersebut menggambarkan bahwa ensiklopedia fungi layak digunakan sebagai sumber belajar di sekolah menengah atas (SMA).
Copyrights © 2021