Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Kontunaga Kabupaten Muna tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kontunaga kelas XI pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 144. Sampel penelitian diambil dengan metode random sampling sebanyak 25% dari populasi atau sejumlah 36 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan : 1) skor perhatian orang tua berada pada kategori rendah yaitu sebesar rata-rata 125,35, sedangkan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah yaitu sebesar rata-rata 75 (dibawah nilai KKM sebesar 78). 2) hasil analisis Spearman Rank Correlation diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan nilai Correlation Coefficient = 0.630 menunjukkan hubungan yang tinggi perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022