PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII

Maxima Rino Al-Falah (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2019

Abstract

The purpose of this study was to improve the students learning motivation by using the Take and Give learning model. The method used is the experimental research method. The technique of collecting data used were library research, observation, questionnaires and documentation. The results showed that of the 87 students who attended 3 meetings and questionnaire distribution. There was an increase in the students’ learning motivation which was obtained a percentage at the first meeting (67.77%), the second meeting (46.66%) and the third meeting gained (71.11%). The decrease in learning motivation can be seen from the first meeting questionnaire to the second questionnaire decreasing by 21.11% and the second questionnaire to the third questionnaire increasing again by 24.44%. Thus, it can be concluded that the application of the Cooperative Technique Take and Give model can increase the learning motivation of eighth grade students of SMP Negeri 6 Bandar Lampung Academic Year 2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 87 siswa yang mengikuti 3 kali pertemuan dan pembagian Angket, ada peningkatan motivasi belajar siswa, yaitu di peroleh persentase pada pertemuan pertama (67,77%), pertemuan kedua (46,66%) dan pertemuan ketiga memperoleh (71,11%). Penurunan motivasi belajar tersebut dapat di lihat dari angket pertemuan pertama ke angket kedua menurun sebesar 21,11 % dan angket kedua ke angket ketiga meningkat kembali sebesar 24,44 %. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Teknik Take and Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.Kata kunci: model pembelajaran, take and give, motivasi belajar siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...