PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Iyar Windi Yanti (Universitas Lampung)
Wakidi Wakidi (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2017

Abstract

The purpose of the study was to investigate the positive influence of Problem Based Learning (PBL) model to students motivation in learning History subject. This study employed Posttest-Only Control design and required classes as the sample from all classes of the eleventh grade. Class XI IPS 4 as the experimental class and Class XIIPS 5 as the controlled class. Data collection techniques in this study was quantitative research used experimental method and data analysis technique used Theta correlation formula. The findings revealed that the Theta correlation value amounted to 0.50625 which meant that there was positive influence of Problem Based Learning (PBL) model to students learning motivation, included into the quite significant or moderate category.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Adanya pengaruh yang positif model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design dengan sampel yaitu Kelas XI IPS 4 sebagai Kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol dari seluruh Kelas XI IPS sebagai populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen serta menggunakan teknik analisis data dengan rumus korelasi Theta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi Theta sebesar 0,50625 yang berarti bahwa ada pengaruh yang positif model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa yang termasuk ke dalam kategori cukup berarti atau sedang.Kata Kunci: motivasi belajar siswa, pengaruh, problem based learning

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...