PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)

Pengaruh SPPKB terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII

Novita Suparmi (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Yustina Sri Ekwandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

The aim of this study is to find out the Influence of SPPKB to students’ cognitive skill on Social Studies Subject of Grade VIII SMP Negeri 2 Sukadana East Lampung Academic Year 2018/2019. The method used in this research was Pre- Experimental Design method with One-Shot Case Study design. Based on the data analysis by basic linear regresi formula, it indicates that every 1 % improvement of SPPKB score will result 0,408x cognitive improvement score. The regresi coeficient is positif, so it can be concluded that the correlation between X and Y is positive.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh SPPKB terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre- Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa setiap penambahan 1 % nilai SPPKB maka nilai kognitif bertambah 0,408x. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.Kata kunci: kognitif, pengaruh, strategi pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PES

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI ...